Tips ini adalah cara paling mudah
dan cepat jika Anda ingin membuat laporan keuangan atau laporan akuntansi
secara sederhana dengan Excel. Bagi yang sudah terbiasa dengan Excel
tentu akan lebih mudah memahaminya, bagi yang belum terbiasa dengan Excel, juga
tidak akan sulit memahaminya, ikuti aja apa yang diuraikan di sini. Terlebih
bagi yang sudah memahami dasar-dasar akuntansi dan ditunjang dengan pengetahuan
Excel yang memadai akan sangat lebih mudah lagi memahaminya.
Cara ini sebenarnya adalah jalan
pintas bikin laporan keuangan dengan memotong jalur dari prosedur sistem
akuntansi. Kalau membuat laporan keuangan sesuai dengan prosedur sistem
akuntansi tentu sangat panjang, sedangkan Anda ingin membutuhkan laporan
keuangan yang cepat. Kalau menggunakan prosedur sistem akuntansi, kita harus
melakukan proses Jurnal > Buku Besar > Neraca Lajur > Laporan
Keuangan (Neraca & Laba Rugi). Nah, melalui Excel dengan singkat kita
potong jalur menjadi Jurnal > Laporan Keuangan.
Namun, pada pokoknya kedua prosedur
tersebut menghasilkan output Laporan Keuangan yang sama. Nah kalau Anda ingin
memperoleh hasil laporan keuangan yang lebih cepat gunakan prosedur ini melalui
Excel. Hal ini bukan berarti membuat suatu teori baru, tapi hanya semata
terkait dengan alat bantu yang dapat mempercepat proses pembuatan laporan
keuangan.
Nah bagaimana caranya, berikut
beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, cukup 3 (tiga) langkah berikut :
Langkah 1 : MEMBUAT DAFTAR AKUN
|
Buatlah daftar akun terlebih dulu
sebagai sumber data untuk mengidentifikasi jurnal-jurnal yang akan kita lakukan
nantinya pada sebuah form jurnal. Buatlah tabel DAFTAR AKUN pada sheet-1 dan
isikan di dalamnya nomor akun, nama akun dan saldo awal akun (saldo laporan
keuangan Neraca sebelumnya). Lengkapi pula kolom POS untuk tiap-tiap kelompok
akun sebagai berikut :
- kelompok Aktiva : D (Debet)
- kelompok Hutang : K (Kredit)
- kelompok Ekuitas : K (Kredit)
- kelompok Harga Pokok : D (Debet)
- kelompok Pendapatan : K (Kredit)
- kelompok Biaya : D (Debet)
- kelompok Aktiva : D (Debet)
- kelompok Hutang : K (Kredit)
- kelompok Ekuitas : K (Kredit)
- kelompok Harga Pokok : D (Debet)
- kelompok Pendapatan : K (Kredit)
- kelompok Biaya : D (Debet)
![daftar akun Tips Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan dengan Excel](file:///C:/DOCUME~1/server/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.jpg)
Jumlahkan sisi Debet dan Kredit.
Jumlah kedua sisi tersebut harus dalam keadaan seimbang (balance) sesuai dengan
laporan keuangan (Neraca) sebelumnya.
Langkah 2 : MEMBUAT JURNAL
|
Buatlah tabel JURNAL UMUM
pada sheet-2 sekaligus isikan transaksi di dalamnya seperti berikut. Jurnal
yang kita gunakan adalah jurnal umum. Sebaiknya kelompokkan untuk tiap
transaksi berdasarkan jenis transaksi seperti penerimaan kas, pengeluaran kas,
penjualan, pembelian dan memorial.
![jurnal umum Tips Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan dengan Excel](file:///C:/DOCUME~1/server/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Langkah 3 : MEMBUAT LAPORAN
|
Buatlah tabel laporan NERACA
dan LABA RUGI pada sheet-3, mirip seperti tabel Daftar Akun (lihat langkah 1)
dan modifikasi bagian-bagiannya. Buatlah rumus pada kolom DEBET dan KREDIT
sebagai berikut.
- Rumus-1 kolom DEBET sel D5 :
=IF(C5=”D”,SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!D:D)
+SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E)-SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F),0) |
- Rumus-2 kolom KREDIT sel E5 :
=IF(C5=”K”,SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!E:E)
+SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F)-SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E),0) |
Kemudian copy rumus tersebut ke
baris di bawahnya sejajar dengan baris akun (copy ke baris bertanda kotak
merah).
![laporan keuangan 1 Tips Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan dengan Excel](file:///C:/DOCUME~1/server/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg)
Kemudian jumlahkan kolom DEBET /
KREDIT Neraca maupun Laba Rugi.
Selisihkan antara Jumlah DEBET dan
KREDIT Laba Rugi sebagai Laba Bersih, kemudian nilai Laba Bersih tersebut
letakkan ke dalam Neraca sebagai Pos Laba Bersih.
Nah hasilnya secara sempurna seperti gambar berikut.
Nah hasilnya secara sempurna seperti gambar berikut.
![laporan keuangan 2 Tips Mudah dan Cepat Membuat Laporan Keuangan dengan Excel](file:///C:/DOCUME~1/server/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
Nah selesai…..
Untuk mempelajarinya lebih lanjut,
silahkan download file contoh (Excel) dan artikel di atas (PDF) melalui link
berikut. Cara download : Klik Kanan > pilih Save Link As atau Simpan
Tautan.
CATATAN :
- Penggunaan tanda pemisah dalam formula rumus fungsi
Excel bisa koma ( , ) atau titik koma ( ; ) tergargantung setting
komputer. Nah formula di atas menggunakan koma ( , ). Jika tanda pemisah
koma ( , ) tidak jalan, maka ganti menjadi titik koma ( ; ).
- Prosedur yang lebih lengkap dengan tampilan fitur yang
lebih manarik saya tulis dalam sebuah buku berjudul Membuat Aplikasi Akuntansi GENERAL LEDGER
dengan EXCEL. Di situ akan diajarkan dari
proses membuat sampai menggunakannya. Bagi yang tidak ingin pusing-pusing
merancang aplikasi, sudah tersedia file aplikasi siap pakai. Sistem
aplikasi ini cocok untuk perusahaan menengah ke bawah atau kecil.
Nice Artikel.
BalasHapusSoftware Akuntansi