Pelatihan The Art of Leadership ( |
||
apa sebenarnya yang membedakan antara manajer dan pemimpin?
Menurut Stephen R. Covey, pengarang buku The 7 Habits of Highly Effective People, ia mengatakan, "Management is doing things right; leadership is doing the right things."
Manajer menangani detil
operasi sehari-hari, tapi pemimpin harus memiliki gambaran besar (big
picture). Ia harus menserasikan langkah-langkah stafnya agar sesuai
dengan tujuan jangka panjang departemen dan organisasi. Manajer
mengelola tindakan, aktivitas, dan kinerja karyawan.
Pemimpin, memimpin orang lain agar karyawan mendayagunakan bakat, keahlian, dan ‘nafsu’ yang dimiliki oleh masing-masing karyawan. Mereka membujuk, mendorong, menginspirasi, dan memberdayakan karyawan untuk menyelesaikan tugas mereka…dengan penuh kesungguhan dan antusiasme yang tinggi. |
||
![]() |
The art of leadership merupakan tindakan yang pemimpin yang amat serasi.
Seorang pemimpin yang baik harus tahu
kapan mereka harus melakukan control dan kapan ia harus membiarkan
karyawan mengambil keputusan sendiri.
Ia tahu kapan ia membiarkan bawahan mereka mengambil resiko, dan ya bahkan jika ketika melakukan kesalahan.
Ia jelas mampu membangun keyakinan, kekuatan, dan self-estem yang kuat pada bawahan untuk mengambil tindakan sendiri.
|
|
Walau begitu, pemimpin yang unggul ini
juga menawarkan bimbingan, inspirasi dan motivasi agar mereka selalu to
stay on track, dan mampu bergerak maju tanpa ragu-ragu.
Apa yang akan anda dapatkan ketika anda ikut dalam pelatihan ini?
Apakah pelatihan ini tepat bagi anda?
Key learning points:
Program Overview
The leader within you ...
Gaya kepemimpinan anda
unik seunik diri anda sendiri! Walau semua pemimpin memiliki
karakteristik tertentu, setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan
sendiri-sendiri.
Temukan cara terbaik
menyadap dan mengolah keunggulan yang anda miliki. Temukan bagaimana
anda bisa mengurangi belenggu kelemahan anda, dan temukan cara teruji
menumbuhkan peran anda sebagai seorang pemimpin yang unggul
Creativity — how to nurture and support it in others as well as in yourself
Inilah faktanya: Pemimpin terbaik adalah pemimpin kreatif.
Selain itu, dia mampu mendorong karyawan
agar juga mampu berpikir kreatif dan penuh dengan gagasan. Temukan cara
sederhana yang teruji untuk berpikir up side down, bagaimana melihat
problem dengan cara pandang yang baru, dan meletupkan pemikiran kreatif
Communication — a critical component of good leadership
Komunikasi adalah
pondasi yang kokoh dari kepemimpinan yang solid. Melalui komunikasi yang
terbuka, dan jujur anda akan mendapatkan kepercayaan dan respek dari
orang lain.
Hal ini bisa mendorong kerja sama dan
kolaborasi, Kepercayaan ini juga mampu meningkatkan ownership dan
meningkatkan rasa tanggung jawab, buy-in, dan juga komitmen yang tinggi
dari bawahan anda.
Inspiring, rewarding, and motivating ... Pemimpin yang efektif unggul dalam membantu bawahan mencapai puncak potensi mereka. Sebagai pemimpin, amat penting bagi anda dalam memberikan dukungan, dorongan, "cheerleading," dan memberikan imbalan agar sikap mereka tetap optimis, dan komitmen mereka tetap tinggi.
Anda juga harus bisa menjaga agar lingkungan kerja bisa memicu timbulnya energi yang tinggi dan juga positive action.
Dapatkan teknik kreatif (dan
cost-effective!) dalam memberi imbalan kepada tim dan individu, dan juga
bagaimana bisa merayakan sukses-sukses yang mereka dapatkan…yang
tentunya berdampak pada kesuksesan anda sebagai pemimpin…
|
Pelatihan The Art of Leadership
Diposting oleh
Unknown
|
Rabu, 19 Desember 2012
0 komentar:
Posting Komentar